Aset Budaya yang Dirampok

sang merah putih

sang merah putih

Adalah satu kebanggan bagi saya menjadi orang Indonesia, menjadi satu kebanggaan bagi saya menjadi Warga Negara Indonesia, seperti apapun kondisi Indonesia dimata dunia. Saya bangga terlahir dan tumbuh dan beranjak dewasa di bumi Indonesia, apa dan bagaimanapun kondisi politik Indonesia. Indonesia memiliki sesuatu yang tidak dimiliki oleh negara negara lain, yaitu keragaman Suku dan Budaya.

keris

keris

Keragaman Suku dan Budaya yang jarang dimiliki oleh negara negara lain ini, membuat negara tetangga kita mencoba merampok dan menjarah beberapa asset seni dan budaya kita yang sudah jelas jelas milik bangsa Indonesia  dan sudah turun temurun, seperti Reog Ponorogo misalnya. Ironisnya, mereka sesungguhnya tau, kalau itu adalah budaya Indonesia, dan sesungguhnya mereka sendiri bingung dan kebingungan untuk membuat skenario yang seakan-akan bahwa itu berasal dari budaya mereka, siapa yang akan mengakui bahwa dia sebagai penciptanya dan ceritanya bagai mana.

reog ponorogo

reog ponorogo

Mulai dari Ambalat, Keris, Batik, Rendang, Reog sampai ke Tari Pended dan lagu Rasasayange, diklaim mereka sebagai asset budaya mereka. Yang terakhir ini adalah Tari Pended dan Lagu Rasasayange mereka jadikan sebagai Iklan Tourism  dengan mengemasnya menjadi video promosi mereka untuk televisi luar negeri.  Katanya Negarana Negara Islam, tapi tarian Hindu Bali kok diakui sebagai aset budayanya, gimana ceritanya?.

batik

batik

Mengenai video promosi yang sudah beredar diluar negri itu, sementara ini pemerintahnya masih mengakui bahwa mereka belum tahu menahu mengenai video itu karena dibuat oleh sebuah PH.

Yang lebih membuat hati panas, dibeberapa situs disana ada yang malah mengata-ngatai negara kita dengan sebutan IndonBABI, dan lain sebagainya. Bukannya mereka malu dengan telah Menjarah aset budaya Negara lain kok malah ngata-ngatai.

tari pendet

tari pendet

Tapi terlepas dari segalanya, saya punya keyakinan bahwa sebagian besar masyarakatnya tidak sependapat. dan saya berharap ini hanyalah kekeliruan, dan mudah mudahan dapat diselesaikan dengan baik, sebagai bangsa yang serumpun dan  memiliki latar belakan budaya yang hampir sama.

Jayalah Indonesiaku….

12 Tanggapan

  1. Saya pernah berbincang dengan beberapa masyarkat Malaysia… pak… ternyata mereka malah gak ngerti kalau pemerintahnya caplok2 budaya dr Indonesia gitu..

    Anw, kewajiban kita untuk melindungi warisan leluhur…

  2. @to: Eka Situmorang – Sir
    gak tahu apa emang pura-pura gak tahu?

  3. Semoga bangsa ini, bisa lebih arif dalam menyikapi masalah tersebut. Kadang dari kita sendiri, banyak yg kurang menghargai kekayaan seni dan budaya bangsa. Maaf mas Guntur, lama saya ndak main kesini…hehe
    Salam hangat dan damai selalu….

  4. aslmkm… aku minta izin gambar batiknya aku gunakan utk postingan terbaru di blogku yaa…

    makasih banyak…😉

  5. seharusnya bangsa lain malu , karna sudah mengambil budaya indonesia

  6. sama gambar reg na juja aqu pk d blog ku

  7. wew … aku pilih Indonesia … semangat …

  8. Saudara, saya dari Malaysia dan juga punya blog bagi mengimbas kembali sejarah Melayu Melaka, dan saya juga banyak kedapatan persamaan diantara bangsa Melayu serumpun. JUga ketika kesultanan Melayu Melaka sampai kejatuhan Melaka, kita banyak juga kesamaan, Sultan Melaka juga pergi ke Kampar, Kopak di Sumatera dan Tun Fatomah juga lahir di Kopak. Banyak juga sukukaum Jawa dari sejarah terutama Johor, Negeri Sembilan, Selangor berasal dari sana.
    Cuba lihat blog saya ini.

    http://melakainpicture.blogspot.com

  9. wahh….
    kren2 w mau gbr batik.a yap…

  10. kok bisa ya budaya di rampok

  11. Mantap Gan🙂

  12. 🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: